Senin, 23 Januari 2012

POTENSI GAHARU MUARA SIAU, KAB.MERANGIN JAMBI


Potensi Gaharu di Kecamatan Muara Siau Kab. Merangin Jambi.

Dengan hanya menempuh perjalanan kurang dari 2 jam dari ibukota kabupaten Merangin, ke arah lembah masurai kerinci, kita akan menemukan kecamamatan muara siau. Perjalanan kesana cukup menyenangkan karena melewati jalan yang berliuk-liuk di pinggir bukit sepanjang arah menuju ke lokasi. Sesekali akan kita jumpai pemandangan yang sangat elok, yaitu pemandangan sungai dari ketinggian jalan.
Bersama mas Solikin dari Bungo tanjung dan Adi, kami sangat menikmati perjalanan menuju kesana. setiba di lokasi kami langsung berjalan-jalan melihat pohon gaharu yang tumbuh di tengah kebun masyarakat. pohon itu sengaja dipelihara dengan harapan nanti ada gaharunya yang bisa dipanen. Namun sebagaimana yang kita ketahui, gaharu tidak akan tumbuh begitu saja didalam batang tanpa ada penyebabnya.
Jenis Gaharu yang kami temui adalah Aquilaria malacensis. dari kerapatan 15 batang dalam satu hektar, ada beberapa batang yang terdapat anakan. ini sangat baik kita jadikan pohon induk untuk keberlangsungan hidup pohon tersebut. setelah berbincang-bincang dengan pemilik tentang kemungkinan pola kerjasama yang bisa dilakukan kamipun bergegas pulang kembali. Untuk keberlanjutan kerjasamanya kami serahkan sepenuhnya kepada pemilik pohon, jika berminat maka akan terjalin kerjasama, jika tidak pun, setidaknya dia sudah sedikit tahu perkembangan gaharu.
Dalam perjalanan pulang kami sempatkan singgah di sebuah sungai untuk sekedar menikmati sejuknya air sungai nan jernih dan masih sangat terjaga kondisinya. dan juga makan siang kami sengaja cari tempat makan dengan view sungai yang sangat indah.

2 komentar:

  1. bagus tuh sungainya...dah ada PLTMH belum kl belum boleh dong search ke saya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru bisa balas. Belum ada mbak.. ini sungainya lumayan besar lho mbak, sangat potensial untuk pengembangan Listrik Micro Hidro. Boleh share dong pengalamannya

      Hapus