Kamis, 06 Februari 2014

Usaha Gaharu, Mulailah maka Akan Ada Hasil

Yakin Usaha Sampai, mengutip slogan salah satu organisasi maka sudah selayaknya kita berusaha dengan sebuah keyakinan, analisa yang kuat serta tidak lupa berdoa. Bagi "Kani" sebut saja salah satu petani di talang mamak yang melakukan pembibitan gaharu menikmati hasil dari jerih payahnya. Berkat dorongan dan peluang yang saya sampaikan Kani memulai mengumpulkan biji gaharu yang jatuh dari pohon gaharu yang kita lakukan inokulasi pada tahun lalu. Dengan menyempatkan waktu di sela-sela waktu luangnya setelah memotong karet dan membersihkan kebun kani mengisi polybag sedikit demi sedikit, dan setelah terkumpul bijinya langsung di tanam ke dalam polybag tadi, dan terus dia lakukan hingga hampir dua ribu bibit berhasil dia buat.

Bedengan bibit di buat di bawah kebun karet miliknya, tanpa naungan dan tanpa pagar karena memang cukup aman serta kondisi kelembaban yang juga sesuai dengan kebutuhan bibit untuk tumbuh. untuk menyirampun hanya dilakukan sesekali, karena secara kebetulan pada saat dia menyemai musim hujan, jadi sangat terbantu dalam hal penyiraman.




Saat berkomunikasi dengan salah satu Kabid di Dinas Kehutanan Inhu kami mencoba menyampaikan sedikit cerita keberadaan bibit gaharu ini, maka tanpa pikir lama beliau berminat untuk membeli bibit tersebut, Tapi memang hal yang kurang mengenakkannya dia minta dengan harga sangat rendah, lalu saya sampaikan kalau begitu terserah saja kepada petani pemilik bibit tersebut, jika dia bersedia silahkan saja. Melihat kenyataan ini sebenarnya sedikit kasihan kepada petani pemilik karena jerih payahnya hanya di hargai kecil, tapi cukuplah menambah uang dapurnya. Setelah berkomunikasi akhirnya mereka bersepakat dan sebagai perkenalan untuk kedepannya di tindak lanjuti dengan kerjasama yang lebih baik.

Siapa berusaha tetap akan mendapatka  hasilnya, ya benar saja. Contoh telah dirasakan salah satu petani ini, di saat yang lain hanya mencemooh dan tidak berbuat apa-apa, dia tetap melakukan dengan keyakinannya yang kuat, maka dia layak mendapatkan hasil yang pantas. Selain mendapatkan hasil, dia berkontribusi terhadap penghijauan bumi kita tercinta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar