Minggu, 02 Maret 2014

KELOMPOK TANI AMPANG DELAPAN JAYA, TALANG MAMAK

Belum lama berdiri Kelompok Tani Ampang Delapan Jaya Desa Talang Durian Cacar Kec. Rakit Kulim mendapat Bantuan program Kebun Bibit Rakyat (KBR) dari Dinas Kehutanan Kab. Indragiri Hulu Provinsi Riau.

Berkat dampingan dari Yayasan Hakiki Riau Kelompok Tani yang beranggotakan kurang lebih 25 orang ini diperkenalkan dengan Dinas-dinas terkait di Kabupaten. dan hasil diskusi dengan Salah satu Kepala Bidang di Dinas Kehutanan bahwa ada peluang kelompok mengakses Program KBR untuk pengadaan bibit untuk petani, dan secara kebetulan pula waktu teman-teman Yayasan Hakiki di undang oleh BPDAS bu Rokhimah di pekanbaru ternyata setelah berdiskusi beliau lah yang yang merekomkan secara langsung Kelompok Tani Ampang Delapan Jaya untuk mendapatkan program tersebut.


 Dalam Program KBR di Ampang Delapan ini kelompok mengajukan untuk pengadaan Bibit Karet dan Gaharu dengan jumlah Total bibit adalah 25.000 bibit yang akan di alokasikan kepada petani anggota. 




Kani selaku pengurus kelompok tani menceritakan pengalamannya dalam membangun KT Ampang Delapan Jaya.
"Ini pengalaman pertama bagi saya. Dan bantuan ini juga menjadi pertama kali di dapat masyarakat Ampang delapan, saya sangat bangga dengan ini" cerita kani di saat berada di bawah naungan bibitan sambil kami melihat-lihat pertumbuhan bibit yang sangat sehat.


"Saat awal terbentuk anggota nampaknya kurang semangat, dan cenderung acuh tak acuh, hal ini menjadi tantangan buat kita karena kita butuh tenaga bersama-sama membangun ini, namun setelah melihat hasil yang kita kerjakan mereka mulai semangat, tiap gotong royong sekarang ramai anggota yang datang" ujar bapak satu anak ini dengan semangat.

"Saya sangat ingin program ini berhasil agar pemerintah dan pihak mana saja bisa melihat bahwa kami mampu mengelola sebuah program dengan baik, karena saya tidak ingin nama baik saya dan kelompok ini cacat kalau gagal" tambahnya sembari membersihkan rumput yang tumbuh di sekitar bibitan.

"Saya juga sangat yakin kedepan tentu ada program-program yang di buat pemerintah untuk petani, nah harapan saya kelompok tani dan masyarakat kami kembali di percaya dan mendapatkan bantuan untuk kemajuan khususnya kami orang talang mamak" papar kani dengan penuh harapan akan kemajuan masyarakat nya

Penulis: Jon Tanjung
Gambar: Imam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar